Latest Movie :
Home » » Apakah Kopi Baik Untuk Kesehatan?

Apakah Kopi Baik Untuk Kesehatan?

Rate it :
Di zaman serba warung kopi, kopi menjadi teman banyak orang. Menjamurnya warung kopi dari merek lokal seperti Excelso sampai internasional franchise Starbucks dan Coffee Bean, menjadikan budaya ngopi tidak kenal pagi atau malam. Kopi menjadi bagian dari pertemanan dan bisnis. Tetapi apakah kopi itu baik buat kesehatan? Ya, selama tidak berlebihan. Berapa banyak yang dikatakan tidak berlebihan? Jangan kaget! 6 cangkir sehari itu tidak berlebihan! Itu menurut studi dan berikut ini alasannya:




1. Mengurangi risiko penyakit jantung
Sebuah studi selama 20 tahun yang dilakukan terhadap 129.000 pria dan wanita oleh Autonomous University of Madrid di Spanyol menyimpulkan bahwa peminum kopi mempunyai risiko terkena penyakit jantung yang rendah. Mereka yang minum kopi beberapa cangkir sehari lebih tidak berisiko terkena penyakit jantung dibanding dengan yang sama sekali tidak minum kopi. Tetapi tentunya tidak berlaku untuk penghisap rokok. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan kopi yang dikenal dengan nama polyphenols, yang juga terdapat di sayuran dan biji coklat.
2. Mengurangi kans terkena Diabetes type 2
“Kopi lebih banyak baiknya dari pada buruknya,” kata Frank Hu, MD, MPH, PhD, professor ahli nutrisi di Harvard School of Public Health. Hu mengatakan bahwa kopi mengurangi risiko Diabetes type 2 berdasarkan 15 studi mengenai efek kopi. Kopi baik untuk pencegahan diabetes, termasuk kopi yang non-kafein (decaffeinated), hal ini karena kandungan antioksidan dan kandungan chromium & magnesium yang membantu kerja hormon insulin untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Di tahun 2005, Professor Hu melaporkan hasil studi dari 193.000 orang yang meminum kopi 6 cangkir sehari, mempunyai kans terkena penyakit Diabetes type 2 yang lebih kecil dibanding bukan peminum kopi.
3. Kans hidup lebih panjang
Neal Freedman, seorang peneliti dari National Institutes of Health, melaporkan bahwa peminum 6 cangkir kopi setiap hari mempunyai kans hidup lebih panjang dibanding dengan bukan peminum kopi. Dengan catatan : bukan perokok. Studi yang dilakukan 13 tahun itu menunjukkan bahwa kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung, stroke atau Diabetes type 2 mengalami penurunan karena mengonsumsi kopi rutin setiap harinya.
Tentunya studi ini semua tidak bisa ditelan mentah-mentah, semua orang punya riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Nasihat dokter Anda tidak bisa diremehkan, tetapi kalau Anda sehat, meminum kopi akan membantu menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. So, apakah Anda kini tertarik menjadi penikmat kopi juga?
Share this article :

Poskan Komentar

 
TOP
Copyright © 2014. Banjar Banua - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose | Distributed By Blogger Template